Promo DKV – TV Tabalong Hari Ini

LATAR BELAKANG

Lahirnya  Paket keahlian  Desain Komunikasi  Visual di SMK  Negeri  1 Tanjung di latar  belakangi  oleh dorongan  2 faktor  yaitu :

A. FAKTOR INTERNAL

  1. Ketersediaan SDM  Desain Komunikasi  Visual yang sudah memiliki latar  belakang  sebagai praktisi  di bidang  desain grafis,  ilustrasi,  fotografi  & videografi.
  2. Kebutuhan media  promosi  sekolah  (desain  brosur,  poster, spanduk,  baliho,  konten  grafis  website, video  promosi  ) Kebutuhan  dokumentasi   sekolah  (past photo  siswa kelas X – XII,  foto  & video  dokumentasi event  &  program-program   sekolah).
  3. Ketersediaan potensi  sarana di sekolah  (lab komputer,   kamera  DSLR,  dll)
  4. Peluang kolaborasi dalam  pembelajaran terpadu dengan  paket keahlian yang sudah ada misalnya: Desain Brosur  & Katalog  produk  dengan semua  paket  keahlian, Foto Prociuk dengan  Paket  Keahlian  Jasa Boga.
  5. Kebutuhan media  penunjang  peningkatan   kualitas & pengembangan  produk  paket  keahlian  yang sudah ada,  misalnya  :   Desain Packaging (kemasan)  untuk  produk  Paket Keahlian  Jasa Boga,  Desain Katalog  Prociuk untuk  Paket  Keahlian  Jasa Boga & Tata Busana,  Desain Logo,  Brosur & Kalender  untuk  profil   & produk  semua paket  keahlian,  dan Video pembelajaran/video   tutorial   untuk  semua paket

B. FAKTO R EXTERNAL

  1. Peluang kerja bagi lulusan  Desain  Komunikasi  Visual di tingkat   SMK sangat  besar karena  masih jarang SMK di Kalimantan Selatan yang membuka  paket  keahlian  Desain  Komunikasi  Visual, bahkan untuk wilayah Tabalong belum ada yang membuka. hal ini dapat lihat  dari  data  di 13 kota  dan kabupaten  yang ada di Kalimantan Selatan baru ada satu SMK saja yang membuka  paket  keahlian  Desain  Komunikasi  Visual yaitu: SMKN 1 Banjarbaru.
  2. Peluang untuk membuka  usaha  (wirausaha)  bagi lulusan  Desain  Komunikasi  Visual di tingkat  SMK sangat besar  karena  tidak  memerlukan  modal  yang besar  atau  tempat yang luas,  karena industri dimana  produk  yang dihasilkan adalah  kekuatan Contoh  bidang  usaha yang dapat  dikembangkan DKV adalah  industri   kreatif kreatifitas  & keterampilan. misalnya ; Jasa  gambar ilustrasi  sebagai ilustrator (freelancer)  untuk penerbit   buku,  koran,  Jasa Desain,   sebagai Desainer  &  Layouter  (freelancer) untuk  penerbit   buku, majalah,    koran,  Jasa film/video editor (freelancer)    untuk  TV lokal,  Digital  printing   & percetakan (Brosur, Poster,  Kalender,   Kartu  undangan,  Spanduk,  Baliho,  Sticker, Jasa Foto Prewedding, Wedding,   Event,  Seminar,  Reuni,   Jasa Video shooting  Prewedding,    Wedding,   Event,  Seminar, Reuni,  Sablon  Sticker,  T-Shirt,   Spanduk,
  3. Peluang untuk melanjutkan   pendidikan   ke jenjang  yang lebih  tinggi  bagi lulusan  Desain Komunikasi  Visual SMK sangat terbuka   lebar  karena  banyak  perguruan  tinggi  di Indonesia yang membuka  jurusan  tersebut,   misalnya  :  PTN dan PTS  # ITB Bandung
    # ISI Yogyakarta
    # UNS Surakarta
    # UNNES Semarang
    # UNM Makasar
    # Univ. Trisakti Jakarta
    # Telkom-U
    # IKJ Jakarta
    # Binus Jakarta
    # UM Malang
    # UPH Jakarta
    # ULM Banjarmasin
    # UIN Antasari
    etc.